SMK Kosgoro 1 Padang Punya Kelas Khusus Yamaha

SMK Kosgoro 1 Padang Punya Kelas Khusus Yamaha3SMK Kosgoro 1 Padang Punya Kelas Khusus Yamaha

SMK Kosgoro 1 Padang resmi memiliki kelas khusus Yamaha. Hal itu bisa tercapai setelah melalui proses mencapai level kelas A binaan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan maindealer Yamaha di Sumbar, CV Tjahaja Baru. Apalagi, SMK kelas khusus Yamaha ini pertama di Sumbar.
Peresmian kelas khusus Yamaha tersebut dilakukan Direktur PT YIMM Teddy Cahyadi Yacob didampingi GM After Sales Division PT YIMM M Abidin, Direktur CV Tjahaja Baru Jimmy Gani, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman, Kepala SMK Kosgoro 1 Padang, Wandra.
“Ini sebagai wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan, PT YIMM sudah bekerja sama sejak 2007 hingga sekarang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dengan berbagai SMK yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Teddy, saat memberikan sambutan.
Teddy mengatakan SMK binaan Yamaha dibagi ke dalam tiga level, yakni level A, level B dan level C. Untuk di Sumbar sendiri, SMK binaan Yamaha yang sudah mencapai level A baru SMK Kosgoro 1 Padang. “Mudah-mudahan, ke depannya, akan ada SMK di Sumbar ini mencapai level A dan memiliki kelas khusus Yamaha,” harap Teddy.
Teddy berharap dengan dibukanya kelas khusus Yamaha ini, para siswa akan percaya diri dan memiliki kompetensi. “Tak hanya itu saja, orientasi para siswa pun bukan saja bekerja di perbengkelan tapi mampu membuka usaha mandiri,” tutur Teddy.
Direktur  Yamaha Tjahaja Baru, Jimmy Gani mengatakan dengan kehadiran kelas khusus Yamaha ini, para siswa dapat akses langsung akan teknologi termutakhir dari Yamaha. “Bahkan para siswa ini akan tersertifikasi resmi Yamaha. Dengan tersertifikasi, nantinya para siswa bisa bergabung di 50 bengkel resmi Yamaha di Sumbar,” ungkap Jimmy Gani.
Jimmy mengatakan apapun pilihan siswa, dengan kehadiran kelas khusus Yamaha tersebut akan memberikan masa depan yang baik. “Apalagi, kemandirian siswa setelah tamat SMK pun diharapkan,” ucapnya.
Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman mengatakan tamatan SMK hari ini, tak hanya mengandalkan ijazah semata. Akan tetapi yang dibutuhkan itu sertifikat kompetensi dari siswa tersebut. “Dengan terbitnya sertifikasi resmi dari kelas khusus Yamaha ini, terjamin sudah masa depan siswa. Sebab, para siswa sudah teruji dan memiliki kompetensi yang terstandar Yamaha,” ucap mantan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar ini.
Burhasman mengingatkan para siswa SMK Kosgoro 1 Padang untuk menjaga nama baik Yamaha ini. Manfaatkanlah dengan baik kelas khusus Yamaha. “Gali seluruh ilmu yang ada di kelas khusus ini. Jaga akhlak dan bekerjalah sesuai operasional prosedur. InsyaAllah, para siswa memiliki kompetensi setelah tamat SMK,” harap Burhasman.
Kepala SMK Kosgoro 1 Padang, Wandra didampingi Wakil Kepala Sekolah Jufri, mengatakan pihaknya telah lama membuka jurusan Teknik Sepeda Motor ini. Pada beberapa tahun belakangan, pihaknya menjalin kerja sama dengan intensif dengan PT YIMM dan CV Tjahaja Baru dengan mendapatkan prediket level B. Perjuangan sekolah ini untuk mendapatkan level A tidak mudah dan terhitung sulit. Pada akhirnya, SMK Kosgoro 1 Padang mampu meraih level A sekolah binaan Yamaha pada 2017 ini.
“Level A yang diraih ini makin menegaskan, jika sekolah kami akan menjadi terdepan dalam pengembangan teknologi teknik sepeda motor di Padang khususnya Sumbar umumnya,” harapnya.
Ia mengatakan dengan diraihnya level A sekolah binaan Yamaha, ada beberapa keuntungan yang didapatkan SMK Kosgoro 1 Padang. Yakni kurikulum sesuai dengan standar Yamaha, ruang teori dan praktik sesuai standar Yamaha, dan lulusan kelas khusus Yamaha dengan level bronze education Yamaha.
“Lulusan kelas khusus Yamaha ini diharapkan mampu mewujudkan kemandirian dengan membuka bengkel karena sudah dibekali kompetensi yang andal,” tegas Wandra. (*)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.