Syaiful  Bakhri.SP, Mantan Supervisor Swalayan Sukses Jadi Bos Minang Mart

Syaiful  Bakhri.SP, Mantan Supervisor Swalayan Sukses Jadi Bos Minang Mart

Laporan,  Firman Wanipin. Director Network dan Comuniti IMA Chapter Padang

Padang, Rakyat Sumbar – Keputusan perusahaan PT. Retail Modern Minang ( RMM ) selaku pengelola Minang Mart  ini menunjuk pria dengan nama lengkap Syaiful Bakhri yang akrab disapa Ipul ini sebagai Direktur  PT.RMM  sangat lah tepat dan Jenjang tertinggi di PT.RMM selaku Direktur yang kini telah disandang mampu menghantarkannya Syaiful Bakhri sebagai Marketeer Of The Year 2017 Bidang Retail  dari Markplus Internasional dan tentunya kesuksesan ini tidak diperoleh dalam sekejap mata. Butuh ikhtiar (perjuangan) panjang lengkap dengan bumbu pahit manisnya roda kehidupan sebagai proses tempaan alami, pada gilirannya berbuah manis membentuk pribadinya sebagai Direktur  yang tangguh, berdedikasi, serta jeli menangkap potensi bisnis.

Begitu juga dengan industri Retail modern dengan Brand Minang Mart , kurun waktu  delapan Bulan sampai dengan  Juli 2017 nanti, PT. RMM selaku pengelola Minang Mart memastikan sebanyak 20 Gerai Minang Mart hadir di kota Padang dan akan menyebar di berbagai pelosok daerah di Sumatera Barat dibawah bendera PT. Retail Modern Minang (RMM) dan tentunya tidak terlepas dari sosok Pemimpin yang kuat yang memiliki visi yang jauh kedepan, dan pastinya juga memiliki strategi dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat.

Namun bagi PT.RMM selaku pengelola Minang Mart tentunya hal itu tidak akan menjadi masalah lagi. Pasalnya sosok Syaiful Bakhri yang akrab dipangil Ipul berdiri sebagai Jenderal handal yang mengatur seluruh kegiatan PT.RMM selaku pengelola Minang Mart dan Minang Mart itu milik rakyat Sumatera Barat dengan prinsip kemitraan, khususnya dalam bentuk sistem IT. Nanti, para karyawan mitra diberi pelatihan IT sehingga pelayanan kepada konsumen jadi maksimal. ditambah denganPengalamannya makan asam garam di dunia retail  selama 10 tahun ditambah dengan 11 Tahun sebagai pemasok di Retail modern, membuat dirinya di percaya sebagai Direktur PT. Retail Moder Minang ( RMM).

Ketika Harian Umum Rakyat Sumbar bertemu dengan Syaiful Bakhri,  yang memiliki  dua orang putra ganteng dan tampan yakni  Shahiddul Akmal Bachri dan Hilmi Naufal Bachri terlihat sosok pemimpin yang lugas dalam bertindak dan bertutur. Tanpa menunggu lama, pria  kelahiran Surabaya, 7 Desember 1970,  baru masuk 47 tahun ini pun mengisahkan perjalanan karirnya dari titik paling bawah. Memiliki cita-cita untuk menjadi seorang insinyur pertanian harus terkubur dalam-dalam. Garis kehidupan ternyata berkehendak lain, selepas dari SMA Negeri 3 Padang tahun 1989, Ipul pun meneruskan kuliah Fakultas Pertanian, Jurusan Ilmu Tanah di Universitas Andalas Padang,  dan tahun 1995 awal ipul menamatkan studinya Di Unand dan menyandang gelar Sarjana Pertanian.

Selesai menempuh pendidikan, Syaiful Bakhri pun merantau ke Jakarta untuk mencari peruntungan. Tahun 1996 diterima Bekerja di Swalayan Sabar Subur tanggerang sebagai supervisor dan pekerjaan ini hanya 3 bulan Ipul bekerja di Swalayan ini dan pada Bulan Agustus 1996 Ipul mendapatkan tawaran dari PT. Ramayana Lestari Sentosa Jakarta dan inilah yang menjadi titik awal seorang Syaiful Bakhri memasuki dunia Retail. Ia pun mengawali karirnya sebagai  Supervisor  dan karir Ipul pun terus menanjak sebagai  MCD Supermarket atau Regional Manager di PT. Ramayana Lestari untuk area Jakarta barat.

Lima tahun meniti karir di PT.Ramayana Lestari Sentosa Jakarta, dilanjutkan dengan hijrah alias pindah bekerja, tepatnya  tahun 2001-2006 yakni. Bekerja di PT. Valve Trade Indonesia yang merupakan anak perusahaan Matahari dengan Brand Toko Serba Lima Ribu,ia menduduki posisi sebagai  Distrik Manager Jakarta. Perlahan namun pasti karir Ipul pun terus menanjak sehingga membuat dirinya banyak makan asam garam di bidang Retail.

Pengalaman panjang inilah yang akhirnya pada tahun 2006 – 2011, Ipul di percaya sebagai Key Account Manager (KAM) Di PT.Star Cosmos Cosmos  yang merupakan  perusahaan pembuat alat Elektronik konsumen asal indonesia  yang berkantor pusat di CengkarengJakarta BaratDKI Jakarta,. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1976 oleh Ir. Alam Surjaputra.dan Cosmos  adalah salah satu market leader di industry peralatan rumah tangga di pasar Indonesia dan berhasil mendapatkan sertifikasi SNI (StandarNasional Indonesia) untuk produk Sarana Penyimpan Beras. Dari SNI ini, seluruh sarana penyimpan beras yang beredar di Indonesia diharuskan mengacu pada standard yang Cosmos telah tetapkan. Dan tahun 2011  Ipul Mendapatkan tawaran dari PT Aditec Cakra Wiyasa ( Quantum ) Salah satu produsen kompor gas nasional yang lahir di tengah kerasnya persaingan produk kompor gas asing.Perusahaan yang sejak berdirinya sudah memfokuskan diri memproduksi kompor gas hasil rancang bangun sendiri dengan menggunakan merek yang juga milik sendiri, yaitu Quantum dan juga memproduksi peralatan rumah tangga lainnya seperti rice cooker, blender dan regulator kompor gas dengan merek yang sama, yaitu Quantum. Dan Ipul di percaya ,Sebagai General Manager dan berhasil membawa  Quantum  meraih sertifikat Top Brand 2016.

Bercerita tentang suka duka, ia pun dengan senang bercerita terkait pengalaman tak terlupakannya , salah satunya dapat bertemu dan berbicara santai dengan banyak pejabat,  bahkan orang terkenal lainnya. Tentunya pengalaman tersebut tak pernah ia bayangkan sebagai masyarakat biasa.

Meski terkenal dengan ketegasannya oleh banyak karyawan, tetapi seorang Syaiful Bakhri,Suami tercinta dari Dian Amelia.SP ini merupakan sosok pemimpin yang peduli dengan anak buahnya. Sehingga tak heran jika visi misi PT.Retail Modern Minang selaku pengelola Minang Mart yang utama  bagi kami adalah kepuasan seluruh mitra bisnis dan konsumen untuk itu seluruh karyawan mitra Minang Mart diberi pelatihan IT sehingga pelayanan kepada konsumen jadi maksimal.selama ini pelayanan di mini market lokal belum begitu maksimal kepada konsumen, dan yang utama sekali Gerai Minang Mart murni  milik rakyat Sumatera Barat dengan prinsip kemitraan dan Dengan sistem ini, mitra akan terbantu dalam mengelola perusahaannya. Termasuk mengetahui secara detail berapa keuntungan penjualan nantinya. Dan inilah yang menyebabkan pertumbuhan minang Mart begitu pesat dan target kami kedepan  adalah 1000 Minang Mart di Sumbar dan program ini adalah  untuk menghidupkan ekonomi kerakyatan  di Sumatera Barat

Syaiful Bakhri,anak pertama dari tiga bersaudara yang  hobby badminton dan main music dan juga merupakan salah satu Ikasmantri Angkatan 1989 ini mengungkapkan sekitar 9 outlet mitra Minang Mart yang telah  dilauncing pada 18 November 2016 di Padang dengan rincian lima outlet dimodali RMM dan empat outlet merupakan kemitraan. Outlet RMM berada di kawasan Lubuk Begalung, Sutomo, Sawahan, Gurun Laweh, Kantor Pos, dan outlet mitra di Gunung Pangilun, Pasar Baru, Ujung Gurun, Indarung.dan sungai lareh  “dalam waktu dekat  ada 11 Gerai Minang mart lagi yang akan kami lauching yakni G Spor Gunung pangilun, Arai Pinang, Simpang Gia tabing, Koperasi kapur warna siteba, koperasi dinas pendidikan sumbar, lubuk buaya, Perumnas Belimbing, Khatib sulaiman ada dua gerai minang mart di tambah dengan dua gerai minang mart lagi di Solok. Dan yang program kami selanjutnya adalah  akan membuka “ KADAI Minang “: di seluruh sumatera barat dimana tempat tidak perlu pakai aca, dan kalau ada kedai tradisional yang belum punya merek akan kami kasih merek dan siap mengupgrade dan membranding serta melatih karyawan  serta Sitem IT. Ungkap Syaiful Bakhri yang di damping oleh Regional Manager Doni Afriandi, Buyer, Original dan Humas & Logistik Minang Mart, Efrizon Yubaidir di kantor Minang mart.

Kepada anak buah yang dipimpinnya, ternyata ia juga memiliki tujuan luhur dengan menularkan ilmu yang dimilikinya kepada anak buahnya, salah satunya memiliki kemampuan leadership. Bagaimana mereka menjadi pemimpin yang baik, saya ingin anak buah bisa berkembang.Dalam mendidik anak buah pun ia mengakui dirinya merupakan sosok yang tegas, ia bisa langsung menegur jika terjadi kesalahan, sehingga sebuah kesalahan tidak akan terulang lagi.

Sementara itu, terkait dengan tantangan sebagai Direktur PT. Retail Modern Minang yang mengelola banyak gerai Minang mart, ia mengakui persaingan bisnis merupakan hal yang paling besar, sehingga siasat yang cerdik dalam mengamati kompetitor sangat dibutuhkan.dan salah satu kelebihan kami adalah bidang IT artinya pelanggan  bisa belanja dari rumah cara adalah dengan mendownload aplikasi Minang Mart di Handpone masing masing dan bisa memesan barang yang di inginkan, dan tidak beberapa saat barang pesan anda langsung diantar ke rumah anda.

Baginya persaingan dengan bisnis yang sejenis harus disiasati dengan service yang bagus, Baginya, sekarang ini para pelanggan sangat selektif dalam memilih tempat belanja, bahan pertimbangan mereka adalah komentar yang ada di sosial media. Dari pantauan secara langsung, ia pun menjelaskan Minang Mart masih unggul dibandingkan dengan yang lain.

Untuk urusan kehidupan keluarga pun, ia mengakui terkadang muncul pro dan kontra. Hal tersebut karena dirinya dianggap tak memiliki waktu untuk keluarga. Bekerja dari pagi hingga malam hari membuat dirinya jarang bertemu dengan keluarga. Namun sekarang ini keluarga telah mendukung penuh pekerjaan dan karirnya. Jika pun Istri dan  anak-anaknya ingin bertemu, maka mereka akan langsung ke Padang.

By admin

5 thoughts on “Syaiful  Bakhri.SP, Mantan Supervisor Swalayan Sukses Jadi Bos Minang Mart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.