Lebih Dekat Dengan Zulheri Rani , GM PT. Karya Suka Abadi

 Setiap orang bisa sukses. Hal tersebut dibuktikan oleh Zulheri Rani.SE.MPA. Siapa sangka posisi  yang didudukinya saat ini sebagai General Manager di PT.Karya Suka Abadi  ini, ternyata dulunya mengawali karir sebagai Sebagai Marketing  di Hongkong And Shanghai  Bank Jakarta
Laporan Firman Wanipin – Harian Umum Rakyat Sumbar
Salah satu sosok sukses yang berhasil merintis karir dari bawah hingga menduduki posisi puncak management tersebut yakni Zulheri Rani yang akrab dipanggil Ayi. Pria yang sudah empat tahun menjabat sebagai General Manager di PT.Karya Suka Abadi, Distributor Ban Godyaer dan Oli Total Se Sumatra dari Aceh hingga Lampung ini menceritakan tentang awal mula ia masuk ke dunia bisnis Ban. Sebuah pekerjaan yang diakuinya sungguh jauh dari mimpinya.
“Dulu cita-cita saya jadi seorang  ABRI dan saya pernah mengikuti Test masuk AKABRI, sayangnya saya ngak lulus dan  Tak terbesit difikiran untuk memasuki dunia  sebagai Distributor Ban Goodyear se Sumatera dan menjalaninya sampai sekarang,” ujar lelaki bertubuh tegap tersebut.
Bercerita mengenai posisi yang sekarang, Ayi mengaku tak lantas berbusung dada karna menurutnya posisi tersebut diraihnya berkat jerih payahnya yang sudah malang melintang didunia Marketing sejak sekitar 15 tahun silam.
Karirnya bebenar dimulainya dari bawah. Posisi sebagai Marketing Hongkong And Shanghai  menjadi tonggak awal dirinya terjun di dunia marketing yang kala itu dijalaninya saat ia tengah merantau di kota Jakarta Dengan gaji yang dibayarkan lumayan lah untuk seorang bujangan, lelaki berdarah Pariaman ini tetap giat bekerja.
“Menurut saya walaupun awalnya passion saya belum disitu dan yang saya dapatkan tak seberapa, tapi karna saya bekerja disitu jadi saya tetap memberikan kinerja terbaik,” tambahnya.
Sampai dua tahun kemudian, Putra dari H. Rani Ismail, direktur PT.Suka Fajar Group ini akhirnya memutuskan untuk bekerja di Citi Trade Services (Sdn) Bhd Penang Malaysia/Citi Processing Center Asia Pacific sembari melanjutkan S2 di di University Sains Malaysia Penang dengan Bidang study Master Public Administration . Meskipun dirasa tidak pas dengan lini pekerjaan yang dijalaninya dan sempat mendapatkan tantangan dari orang tua, namun menurut lelaki yang menyenangi mempelajari hal baru ini apa yang dijalaninya tersebut cukup menantang.
Hingga saat ini, lelaki yang mengaku  hobby Berenang ,Jogging  dan coffee hoping dan pernah mengikuti kejuaraan Motorcros ini sudah menjajaki jabatan sebagai  assistant Manager di Citi Trade Services (Sdn) Bhd Penang Malaysia/Citi Processing Center Asia Pacific dan. Berbekal pengalamannya yang malang melintang di Citi Trade Services (Sdn) Bhd Penang Malaysia , Suami tercinta dari  Yulie Widiasari  ini sempat menjalani tugas dan fungsi yang berbeda-beda di beberapa tempat, dan sepak terjangnya di dunia marketing tidak di ragukan lagi, lebih kurang delapan tahun menjadi seorang assistant manager, dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2012 dan berbekal pengalaman ini lah Zulheri Rani putra kesayangan Hj. Syamsidar ini, pulang ke kampung halaman dan ingin berbakti kepada kampung halaman dan mengimplementasikan ilmu yang di dapat selama bekerja.
Saya bukanlah orang yang sangat ambisius dalam pekerjaan. Bagi saya yang terpenting adalah Bekerjalah dengan hati dan sungguh sehingga kita akan menikmati pekerjaan dan dapat memperoleh hasil yang maksimal dan terbaik  menjadi tujuan saya,” ungkap Ayi kepada Harian Umum Rakyat Sumbar
Ayi justru merasa, perjalanan karirnya yang dia mulai dari bawah itu justru memberinya banyak pelajaran hidup.” Saya jadi belajar bagaimana menjadi seorang Marketing yang baik dimana dia harus memenuhi target yang di tetap oleh management , bagaimana menjadi assistant Manager yang membuat perencanaan para marketing untuk mencapai target yang di tetapkan , dan itu justru menjadi cara saya untuk belajar dan membuat saya paham mengenai apa itu bisnis,” kata pria yang hobi Berenang itu menjelaskan.
Ayi menjelaskan, yang menjadi kunci keberhasilan karir gemilangnya tersebut adalah karena kekuatan profesionalitas yang ia bangun dan kekuatan spiritualitas yang dirinya dapatkan dari keluarganya. “Profesionalitas itu bagi saya tercermin kepada tiga sikap, yaitu disiplin, jujur dan berani mengambil resiko, sedangkan spiritualitas merupakan kekuatan yang datang karena doa keluarga, Istri . Ayah dan Ibu tercinta,” ujarnya kepada Harian Umum Rakyat Sumbar
Disiplin baginya tidak hanya pada waktu, tetapi target dan program organisasi yang dikelolanya. Dalam hal waktu, Ayi tidak main-main. Meskipun jam kerjanya sebagai GM PT.KSA  dimulai jam 09.00 WIB, dirinya selalu hadir pada jam 08.00 WIB. Kehadirannya tersebut bahkan lebih awal dari pada beberapa karyawannya.
“Saya datang pagi, karena saya selalu menyalami (menjabat tangan) semua karyawan saya dari yang paling bawah, bahkan karyawan magang, hingga yang paling tinggi. Hal ini saya lakukan untuk melihat keadaan yang sebenarnya terjadi di lapangan, bukan dari laporan, sehingga kebijakan yang saya ambil tepat,” ungkapnya.
Selain begitu kedatangannya yang lebih awal tersebut membuat karyawannya malu untuk datang terlambat. Sehingga bagi Ayi, itu adalah cara yang efektif untuk mendisiplinkan karyawannya.
Sedangkan dalam hal kejujuran, dirinya percaya betul akan adanya hukum karma yang mengatakan siapa tidak jujur, maka bersiaplah karirnya akan hancur. Karenanya Ayi selalu menekankan pada keluarga dan rekan kerjanya untuk selalu mengatakan kejujuran. Pahit atau pun manis, baginya, kejujuran tidak boleh ditawar.
Adapun yang ia maksud dengan berani mengambil resiko, yaitu tidak menolak setiap kesempatan yang ada. Memang kesempatan bisa datang lain kali, tapi kesempatan pertama tidak bisa sama dengan kesempatan kedua. Dengan keberanian mengambil resiko, setiap kesempatan yang ada bisa digunakan dengan sebaik mungkin. “Tidak lupa doa Ayah, ibu dan istri, itu yang terpenting,” pungkasnya.
Nah, Ayi sudah bercerita banyak tentang kiat-kiatnya bisa sukses seperti saat ini. Sekarang, tinggal bagaimana kamu mengambil pelajaran dari kisah Ayi untuk membuat langkah karirmu juga sukses.
By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.