Pintar Bersama Daihatsu

Pintar Bersama Daihatsu

 Padang, Rakyat Sumbar- PT.Astra Daihatsu Motor dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat merintis kerja sama,dalam pengembangan Sumber Daya Manusia baik tenaga pendidik maupun peserta didik dalam upaya membantu serta menyiapkan lulusan SMK di Sumatera Barat siap pakai di Industri, Kerja sama ini melibatkan SMK Negeri dan Swasta se Sumatera Barat dalam acara penyebaran Informasi penguatan Program Pendidikan Menengah Kejuruan tahun 2017 yang di Gelar di Rocky Plaza Hotel, padang dari tanggal 8 Mei sampai dengan 10 Mei 2017. .
Dalam kesempatan kali ini berkenan hadir Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Burhasman Bur, MM. dan juga Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Syofrizal, B, MT, Seluruh kepala Sekolah SMK Negeri/Swasta se Sumatera Barat ditambah dengan Pengawas SMK, sementara dari PT.Astra Daihatsu Motor, Joko Baroto, HR Division Head Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, Execitive Cordinator Technical Service Division, Ari Junaidi, Head Production Training Center Departemen Human Resource Division,Kepala Cabang Astra Daihatsu padang, Jefri Kurniawan dan dalam Acara penyebaran Informasi penguatan Program Pendidikan Menengah Kejuruan tahun 2017, diadakan penandatanganan MOU dari Daihatsu dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Burhasman Bur, MM. dalam sambutannya menyampaikan bahwa para guru harus introspeksi serta mengevaluasi  program program bidang studi yang ada sekarang, apakah sudah linear,apalagi di era yang serba digital sekarang dan apa kah program yang ada nyambung dengan tantangan dan tuntutan industri saat ini ?
Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa guru saat ini harus memastikan bahwa dirinya bisa menampilkan skill yang dimiliki kepada siswanya. Itu artinya bahwa guru tidak hanya pintar teori tetapi juga memiliki kompetensi skill secara utuh dan menerapkan budaya industri disekolah dan mari kita tingkatkan Vokasi  berbasis Link and Mactch.
 Sementara itu Bapak Joko Baroto, selaku HR Division Head yang didamping  Ari Junaidi, Head Production training Center Departemen Human Resources Divisian PT. Astra Daihatsu Motor menyampaikan bahwa manajemen sekolah sudah waktunya menata kurikulum menjadi lebih operasional. Ada target pencapaian kompetensi pada akhir tiap jenjang yang terukur, misalnya tingkat X memiliki kemampuan Basic Otomotif perawatan berkala 10.000 km, begitu juga ada target untuk kelas XI dan XII.artinya sudah saat nya SMK SMK sekarang berorientasi kepada industry, dan Program Pintar bersama Daihatsu adalah solusi untuk menciptakan  para generasi bangsa ini, dan Daihatsu adalah sahabatnya dunia pendidikan.
Program Pintar Bersama Daihatsu merupakan CSR PT.Astra Daihatsu Motor  sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas para siswa SMK agar mampu memenuhi syarat bekerja di Daihatsu yang selama ini masih kesulitan untuk menemukan calon-calon karyawan berkualitas,kata Joko Baroto, selaku HR Dvision Head PT.Astra Daihatsu Motor.
Menurut dia, Daihatsu bersama Dinas Pendidikan Sumatera Barat telah menyusun kurikulum Daihatsu untuk diimplementasikan di SMK-SMK binaan.Kurikulum tersebut membekali guru dan siswa SMK dengan keterampilan dasar dan budaya industri sehingga lulusan SMK otomotif memiliki daya saing tinggi, terampil dan siap bekerja di dunia industri.
Selain mempersiapkan hard skill para siswa, program ini juga berupaya mendidik soft skill para siswa. Membangun soft skill itu tidak mudah. Ini terkait dengan budaya industri yakni pemahaman kualitas produk nomor satu, berpenampilan sopan, tepat waktu, kemampuan berkomunikasi dan ketekunan katanya.

 

By admin

One thought on “Pintar Bersama Daihatsu

  • I have checked your blog and i have found some duplicate content, that’s why you don’t
    rank high in google’s search results, but there is a tool that can help you to create 100%
    unique articles, search for: Boorfe’s tips unlimited content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.