Kereta Api Menuju BIM Bakal Beroperasi Maret 2018

Padang, Rakyat Sumbar—Penyempurnaan jembatan penghubung (Sky Bridge) dan kedatangan kereta rail bus yang akan digunakan nanti menjadikan pengoperasian Kereta Api Bandara Internasional Minangkabau (BIM) tak dapat terlaksana pada Oktober ini.Berkemungkinan pengoperasian akan dilakukan pada Maret 2018.
“Kita sudah pesan keretanya, kemungkinan railbus baru sampai di Padang pada Maret 2018 dan setelah itu langsung dilakukan pengoperasian,” sebut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat meninjau kesiapan rel kereta api Padang-BIM-Pariaman,Selasa (19/9).
Ia mengatakan, pengoperasian kereta api ke Bandara akan memudahkan masyarakat dari Kota Padang menuju bandara dan sebaliknya. Ia berharap pengoperasian itu bisa terlaksana sesuai jadwal dan tidak ada pengunduran lagi.
“Dengan beroperasinya kereta api ke BIM tentunya memudahkan akses keluar masuk Sumbar. Diharapkan pengoperasiannya rail bus ini akan menjadikan peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumbar akan lebih banyak lagi,” jelasnya.
Sementara itu Kepala Divre  PT. KAI Divre II Sumbar, Sulthon Hasanuddin mengatakan railbus yang akan digunakan di BIM dibuat PT Industri Kereta Api (Inka) dan sekarang sedang dalam pengerjaan.
“Kereta BIM tersebut terdiri dari tiga set masing-masing memiliki empat gerbong. Jadi ada 12 gerbong yang bisa melayani masyarakat. Sebelum pengoperasian PT. KAI akan lebih dulu melakukan uji coba rel agar tidak ada kendala,” ujarnya.
Ia menjelaskan, saat ini PT KAI sudah memiliki empat kereta api  penumpang yang melayani masyarakat. Tiga diantaranya kereta api standar dan satu lagi jenis railbus. Jika tahun depan bertambah tiga lagi maka PT KAI memiliki tujuh kereta api yang siap melayani masyarakat Sumbar baik ke Kota Pariaman maupun ke BIM.
“Saat ini ada tiga  kereta api yang disiapkan PT Inka untuk Sumbar. Kereta api tersebut dijadwalkan sampai ke Padang pada Maret 2018 mendatang. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar sehingga kita bisa melayani penumpang dari Padang ke BIM,” jelasnya.
Dengan penambahan kereta api  tersebut, Sulton menjelaskan diharapkan dapat melayani penumpang. Sebab saat ini animo masyarakat untuk menggunakan jasa angkutan kereta api penumpang sangat tinggi, seperti kereta api yang di operasikan dari stasiun Simpang Haru menuju Pariaman. Apalagi disaat hari libur, penumpang selalu membludak sehingga harus ditambah gerbong.
“Mudah-mudahan jika sudah ada kereta api baru, semuanya bisa dipenuhi. Selain melayani penumpang, kami juga berencana melayani angkutan barang berupa sawit yang ada di Nareh, Padang Pariaman ke Teluk Bayur. Permintaan tersebut sudah ada dan akan segera direalisasikan,” pungkasnya. (mul)

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.