TPID Gorontalo Studi Banding ke Minang Mart

Padang, Rakyat Sumbar—Keberhasilan Minang Mart untuk membangkitkan perekonomian masyarakat di kalangan bawah di Sumbar terus menjadi perhatian. Tidak hanya dengan semakin banyaknya masyarakat yang membuka Minang Mart di kabupaten/kota di Sumbar, tapi banyak daerah yang melakukan studi banding ke Sumbar, diantaranya untuk melihat langsung Minang Mart tersebut.
Direktur Utama Retail Modern Minang Syaiful Bahri mengatakan, banyak pihak yang ingin mengetahui langsung bagaimana pengelolaan Minang Mart di Sumbar. Diantaranya kemudahan yang diberikan untuk mendirikan gerai dengan Brand Minang Mart di Sumbar, sebab tujuan dari Minang Mart adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.
“Mereka melihat di Minang Mart serba dipermudah. Pemilik gerai juga diberikan desain, program, dan sitem dalam pengelolaan gerai miliknya. Kami bantu manajemennya dan rebranding. Itu mungkin kenapa sekarang, daerah luar melakukan studi banding ke Minang Mart,” sebutnya, usai dikunjungi TIPD Provinsi Gorontalo di Minang Mart Korong Gadang I, Selasa(26/9).
Ia mengatakan, saat ini telah ada 27 gerai Minang Mart di Sumbar. Tidak hanya di Kota Padang, tapi juga di beberapa kabupaten/kota lainnya di Sumbar. Diantaranya di Solok, Padangpanjang, Ujung Gading Pasaman Barat, Batang Kapas di Pesisir Selaran, dan Sungai Rumbai Dharmasraya.
“Dalam waktu dekat akan ada lagi gerai Minang Mart yang akan kita resmikan di Ampalu Dharmasraya pada 29 September ini, dan di Payakumbuh pada 1 Oktober 2017. Jumlah itu akan terus bertambah, sebab animo masyarakat cukup tinggi. Sekarang lebih 500 calon mitra yang mengajukan kerjasama kemitraan untuk pembukaan gerai Minang Mart di Sumbar,” jelasnya didampingi Direktur PT Grafika Jaya Sumbar, Dasril.
Ryan Galuh Asisten Analis di Tim Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Sumbar mengatakan, Minang Mart merupakan salah stu program unggulan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPIPD) Sumbar. Keberadaan Minang Mart membantu distribusi barang terjaga di Sumbar, harga menjadi stabil,dan itu bermuara kepada daya beli masyarakat terjaga.
“Dengan adanya Minang Mart, TPID Provinsi Sumbar menjadi terbaik di Sumatera berdasarkan hasil rakornas TIPD tahun 2017 di Jakarta, 27 Juli kemarin. Ini program inovatif yang berbeda dari daerah lain, sehingga banyak daerah melakukan studi banding untuk mengatahui sistem, dan manajemen Minang Mart sebagai salah satu program dalam memberdayakan ekonomi masyarakat setempat,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Setdako Padang, Edi Dharma menambahkan, kedatangan rombongan TIPD Provinsi Gorontalo juga ingin menyetahui seperti apa pengendalian inflasi di Kota Padang, sebab Sumbar pengendalian inflasinya terbaik di nasional.
“Mereka melihat bagaimana Padang terkait ketersedian barang, masyarakat dapat memperoleh dengan harga terjangkau, kelancaran distribusi, dan harga normal . Untuk itu juga mereka berkunjung ke Minang Mart. Mereka mengatakan konsep Minang Mart ini unik, roh dan semangatnya ekonomi masyarakat bawah. UMKM yang ada juga terbantu dengan hasil produksinya dapat dijual di Minang Mart,” pungkasnya usai kunjungan TPID Provinsi Gorontalo tersebut. (mul)
By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.