Dedadiah Dapat Dijumpai di Transmart

Dedadiah Dapat Dijumpai di Transmart

 Padang, Rakyat Sumbar –Sumatera Barat kaya akan dengan berbagai kuliner luas biasa. Ini menjadi salah salah satu alasan dari wisatawan berkunjung ke Sumbar. Diantaranya Dadih, yogurt tradisional khas Minangkabau yang terbuat dari susu kerbau.
Dedadiah Es Krim Minangkabau Tradisional Yogurt awalnya merupakan riset dari dosen pertenakan Unand.  Kemudian dikomersilkan oleh Oqy Winen Rian Dhika  sekitar awal Februari 2017. Berdasarkan melalui riset yang sangat panjang tersebut akhirnya tercipta produk Dedadiah yang memiliki dua rasa yakni es krim dedadiah rasa mangga dan pokat.
Harganya juga sangat terjangkau, antara Rp10 ribu hingga Rp15 ribu. Bagi yang ingin menikmati dedadiah dapat mengunjungi outlet  dedadiah di Transmart lantai II.
Dalam proses pengolahannya, Dedadiah berasal dari susu kerbau segar yang di fermentasi selama 4 malam di dalam tabung bambu agar mencapai hasil maksimal setelah didiamkan. Dedadiah masih layak dan sehat untuk dikonsumsi sampai rentang waktu satu minggu sejak mulai difermentasikan.
“Berdasarkan keyakinan hasil riset, Dedadiah dipercaya berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, memacu kesehatan dan cara kerja jantung, serta makanan yang baik untuk menambah stamina dan daya tahan tubuh dan bagi yang ingin merasakan sensasi Dedadiah dapat mengunjungi outlet kami di Transmart. “ Ogy selaku Founder Dedadiah kepada Rakyat Sumbar.
Biasanya dadiah sebanyak 20 batang bambu membutuhkan perahan susu dari 3 ekor kerbau. Susu segar ini disaring terlebih dahulu, kemudian langsung ditampung dalam buluh atau ruas bambu dengan panjang sekitar 20-30 centimeter.
Ruas-ruas bambu ini kemudian ditutup dan disimpan selama proses fermentasinya berlangsung. Karenanya, proses pembuatan dadiah biasanya dimulai selepas subuh, bersamaan dengan aktivitas para peternak mulai memerah susu dari kerbau-kerbau.
Selain faktor bahan baku susu, hal lain yang membuat dadiah unik adalah proses fermentasinya berlangsung secara spontan dalam wadah bambu. Hal ini berbeda dengan yoghurt pada umumnya yang memerlukan tambahan kultur mikroba tertentu sebagai starter dalam proses fermentasinya. Kedua produk yang dihasilkan pun memiliki karakteristik berbeda. Jika yoghurt tetap bersifat cair tetapi sedikit mengental, maka dadiah cenderung mengeras.
Keunikan lain dari dadiah adalah cara menikmatinya. Cara paling populer dalam menyantap makanan ini adalah dengan menyajikannya bersama emping beras atau disebut juga dengan ampiang dadiah. Rasa asam dadiah yang berpadu dengan kerenyahan emping beras ditambah siraman gula aren merupakan suatu kombinasi yang mantap.
Saat ini, dadiah makin sulit ditemukan. Olahan susu fermentasi ini hanya bisa ditemukan di beberapa tempat tertentu. Salah satunya karena dadiah termasuk jenis kuliner dengan peminat spesifik. Karena cita rasanya yang unik, tidak semua orang menyukai rasa asamnya.
 “Bagi yang berminat menjajal seperti apa keunikan rasa dadiah, jika  menginjakkan kaki di Kota Padang, Dedadiah Es Krim Minang Tradisonal Yogurt ini dapat diperoleh di Transmart lantai II. Dedadiah ini memiliki sensasi yang sangat luar biasa dan baik buat kesehatan,” pungkasnya. (wan)
By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.