ICBMR 11 Bahas 107 Hasil Riset Bisnis dan Manajemen

ICBMR 11 Bahas 107 Hasil Riset Bisnis dan Manajemen

Padang, Rakyat Sumbar–Konferensi Internasional Riset Bisnis dan Manajemen diharapkan dapat berdampak terhadap perekonomian masyarakat Sumbar. Salah satunya untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Selain itu, hasil riset bidang bisnis dari The 11 th Internasional Conferense on Business and Management Research (ICBMR) tersebut dapat menjadi kebijakan, dalam memacu produktifitas daya saing daerah dalam globalisasi ekonomi di Asean.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumbar menyampaikan apresiasi atas inisiatif Universitas Indonesia yang melaksanakan ICBMR di Sumbar. Ia berharap konfrensi internasional yang membahas lebih dari 107 hasil riset bisnis dan manajemen tersebut akan berdampak untuk kemajuan pembangunan di Sumbar.
“Diharapkan hasil riset yang dibahas tentunya memberikan masukan-masukan berharga dalam tataran pengambil kebijakan untuk pertumbuhan ekonomi dan pasar. di Sumbar,” sebutnya saat membuka The 11TH Internasional Conference On Business And Management Research (ICBMR), di Grand Inna Padang, Rabu (1/11).
Ia mengatakan, hasil riset bidang bisnis dan management yang disampaikan banyak fakultas ekonomi dan bisnis berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini tentu akan memberikan solusi dan pandangan tentang berbagai hal kemungkinan yang akan terjadi. Sebab dalam ICMR ini akan dibahas tentang deglobalisasi, tantangan untuk negara-negara berkembang dalam mengurangi ketergantungan dan integrasi ekonomi antar negara.
“Sumbar terus memacu potensi daerah dalam meningkatkan daya saing produksi, baik dalam bentuk kemasan, kualitas dan produksi dengan standar yang diinginkan pasar. Kita berharap dinas terkait seperti Koperasi dan UKM , Perindutrian Pedagangan, Dinas Pertanian, serta beberapa lembaga Dekranasda, ikut serta secara langsung mendorong daya saing daerah ini,” jelasnya.
Konferensi Internasional Riset Bisnis dan Manajemen atau ICBMR ke 11 diadakan oleh Pusat Penelitian Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia,. Kegiatan ini bertujuan sebagai motivasi untuk menyediakan plafom internasional bagi para akademisi, periset dan siswa pemula untuk berbagi temuan penelitian mereka dan untuk menemukan hubungan internasional untuk kolaborasi di masa depan.
Rektor Universitas Indonesia Prof, Dr.Ir Muhammad Anis, M.Met mengatakan dengan banyaknya hasil penelitian pada ICBMR ini diharapkan dapat bermamfaat bagi masyarakat, dan menjadikan kualitas perguruan tinggi juga meningkat, dan diharapkan ini akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Prof Ari Kuncoro menekankan agar peneliti dapat terus membuka peluang baru besinergi dan bereksplorasi dalam meneliti. Sebab saat ini persaingan ekonomi antar negara semakin berat dengan banyak teknologi dan inovasi yang diciptakan. Hal itu berpengaruh kepada perekonomian regional, nasional dan daerah.
“Tantangan ekonomi makro dunia dan indonesia berdampak terhadap ekonomi lokal. Kondisi makro ini memerlukan upaya pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan dengan menggiatkan pembangunan infrastruktur sebagai upaya meningkatkan dan menjaga stabilitas ekonomi daerah,”ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Kepala Bappenas Prof Bambang PS Brodjonegoro.
Konfrensi Internasional tersebut diikuti oleh berbagai negara dari Australia, Malaysia, Cina, Inggris , Amerika dan Thailand. Dilakukan pembahasan terhadap 107 hasil riset berbagai bidang manajemen dan bisnis keuangan dan keuangan syariah, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen umum, strategi, operasi, dan akuntansi.
Konferensi ICMR 2017 didukung oleh berbagai pihak, diantaranya Kantor Pengelolaan Produk dan Inovasi (KPPRI) Universitas Indonesia, dan disponsori oleh PT. Pertamina, PT. Telkomunikasi Indonesia Tbk, PT. Bank Central Asia. Pada kegiatan konfrensi yang berlangsung selama dua hari, tanggal 1 dan 2 November tersebut juga dilaksanakan pameran UKM binaan PT Pertamina dan binaan Pemprov Sumbar. (mul)
By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.