Telkom Hadirkan Infrastruktur ICT 100% Fiber Optik di Kota Bukittinggi

Jakarta, 30 November 2017 – Dalam rangka mendukung implementasi Information & Communication Technology (ICT) di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama pemerintah Kota Bukittinggi meluncurkan program Bukittinggi Broadband City. Melalui program ini, Telkom melakukan modernisasi jaringan tembaga ke jaringan fiber optik untuk mendukung peningkatan kualitas layanan ICT. Peluncuran Bukittinggi Broadband City ditandai dengan peletakkan batu pertama Taman Digital Bukittinggi,  Peresmian Wifi Corner Plasa Telkom Bukittinggi dan pemotongan kabel tembaga di RK (rumah kabel RV sebagai wujud modernisai jaringan menjadi fiber  optik oleh Wakil Walikota Bukittinggi H. Irwandi, SH dan Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin  di Bukittinggi, Kamis (30/11).

H. Irwandi, SH selaku wakil walikota Bukitinggi  menyampaikan apresiasi kepada Telkom yang telah mendukung terwujudnya Bukittinggi Broadband City. “Terwujudnya Bukittinggi sebagai Broadband City, menjadi bukti bahwa Bukittinggi khususnya, dan Sumatera Barat pada umumnya, siap menjadi kawasan modern. Selain itu, infrastruktur ICT berbasis fiber optik yang disediakan oleh Telkom juga diharapkan mampu membantu penerapan program Smart City Kota Bukittinggi secara optimal,” ujar Irwandi.

Ia  melanjutkan, pemerintah Kota Bukittinggi mendukung penuh peningkatan infrastruktur telekomunikasi di Bukittinggi menjadi 100% fiber optik, sejalan dengan tujuan pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Selain itu, program Broadband City yang digagas Telkom ini juga kami harapkan dapat meningkatkan konektivitas antar kabupaten/kota di Sumatera Barat melalui jaringan komunikasi modern. Jaringan broadband yang telah mencapai 100% ini juga akan memudahkan realisasi roadmap ICT dan mewujudkan cita-cita Bukittinggi sebagai Smart City terbaik di Sumatera Barat,” lanjut Irwandi.

Sementara itu, Zulhelfi Abidin mengungkapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama Pemerintah Kota Kota Bukittinggi selama proses modernisasi infrastruktur berlangsung, hingga saat ini jaringan ICT 100 % fiber optik telah selesai terpasang. “Kehadiran infrastruktur fiber optik di Bukittinggi merupakan salah satu bentuk komitmen Telkom untuk meningkatkan kualitas layanan ICT bagi masyarakat karena layanan berbasis fiber optik mampu menghadirkan performa yang jauh lebih baik, bahkan hingga ke tahapan Internet of Things (IOT), seperti home security, office security, transportation system, hingga government system yang mendukung penerapan Smart City, ” tegas Zulhelfi Abidin.

Program Bukittinggi Broadband City merupakan wujud komitmen Telkom untuk menciptakan digital experience terbaik bagi pelanggan TelkomGroup dan masyarakat di Bukittinggi. Melalui sistem telekomunikasi berbasis 100% fiber optik ini, diharapkan dapat mendukung digital lifestyle masyarakat mulai dari sektor rumah tangga dan pemerintahan. Selain itu, pelaku UMKM, industri kreatif, industri pariwisata dan sektor industri lainnya juga diharapkan dapat menikmati layanan digital secara optimal, khususnya untuk memaksimalkan produktivitas dan pemasaran produk, sehingga dapat membantu peningkatan perekonomian daerah.

Peresmian Taman Palanta Digital Kota Padang

Sementara itu, warga Kota Padang, Sumatera Barat kini memiliki tempat strategis dan nyaman untuk  mengakses berbagai informasi. Taman Palanta, merupakan taman kebanggaan warga kota Padang yang saat ini telah dilengkapi akses WiFi.id, sehingga warga kini dapat menikmati layanan internet kecepatan tinggi. Peresmian Taman Palanta Digital dilakukan oleh Walikota Padang Mahyeldi Asnharullah dan Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin, Rabu (29/11).

“Di Taman Palanta Digital ini, warga bisa berekreasi dengan kerabat dan keluarga, sekaligus berselancar di dunia maya dengan jaringan internet kecepatan tinggi. Mewakili masyarakat Kota Padang, Saya menyampaikan terima kasih kepada Telkom yang telah menyediakan akses WiFi di Taman Palanta, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan internet, khususnya anak muda Kota Padang,” kata Mahyeldi Asnharullah usai meresmikan Taman Palanta Digital.

Sementara itu, Zulhelfi Abidin menuturkan bahwa penyediaan infrastruktur ICT di Taman Palanta oleh Telkom dilatarbelakangi traffic penggunaan layanan internet masyarakat Sumatera Barat yang cukup tinggi. Telkom juga telah membangun 8 Wifi.id Corner (WiCo) di Sumatera Barat yang tersebar di Pariaman, Solok, Painan, dan Payakumbuh.

“Melalui akses internet yang disediakan oleh Telkom, diharapkan Telkom, pemerintah dan masyarakat dapat bersama-sama membangun karakter berselancar di dunia maya yang sehat dan aman. Semoga fasilitas ini bisa membantu warga Kota Padang, khususnya generasi muda dan pelajar untuk bisa memanfaatkan keberadaan taman ini secara positif,” tegas Zulhelfi.

Pada kesempatan yang sama, Mahyeldi Asnharullah dan Zulhelfi Abidin juga meninjau pembangunan Digital Lounge (DiLo) di Kantor Telkom Sumatera Barat. Keberadaan DiLo yang dilengkapi dengan akses dan fasilitas ICT yang handal diharapkan dapat menjadi wadah bagi generasi muda Kota Padang untuk berkarya dan memunculkan inovasi kreatif. Saat ini terdapat sekitar 80 start-up di Sumatera Barat yang diharapkan dapat membantu peningkatan ekonomi daerah dan mendorong terwujudnya Kota Padang menjadi salah satu kota berbasis digital di Indonesia.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.