Astra Daihatsu Motor Peduli Lingkungan  Bantu Pembangunan Tempat Konservasi Penyu di Pasir Jambak

Padang, Rakyat Sumbar--PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan bantuan bangunan  untuk pengembangan konservasi penyu oleh penangkaran Pokmaswas Samudra di Pasir Jambak, Jumat (12/1).

Kepedulian PT. Astra Daihatsu Motor terhadap konservasi penyu termasuk dalam salah satu pilar dari semangat CSR Astra Daihatsu, Hijau bersama Daihatsu dengan menjadi Sahabat bagi lingkungan hidup.

“Saat ini kita wujudkan kepedulian itu dengan membangun bangunan konservasi penyu bertaraf internasional berdiri kokoh di pinggir pantai Pasir Jambak, dengan fasilitas lengkap,”sebut Jefri Kurniawan kepala cabang Astra Daihatsu Sumbar kepada  Rakyat Sumbar.

Menurutnya, ini menjadi bagian dari semangat CSR dari Astra Daihatsu dengan tag line Daihatsu Sahabatku. Itu yang diwujudkan ke dalam empat pilarnya, yakninya Daihatsu sahabat UMKM, Sejahtera Bersama Daihatsu. Daihatsu Sahabat pendidikan, Pintar Bersama Daihatsu. Daihatsu sahabat kesehatan, Sehat Bersama Daihatsu. Daihatsu Sahabat lingkungan hidup, Hijau bersama Daihatsu.

“Semoga keberadaan bangunan untuk konservasi penyu dengan fasilitas berstandar internasional dari PT. Astra Daihatsu Motor ini dapat memberikan semangat pada kita untuk selalu menjaga alam dengan menyelamatkan ekosistim laut serta menjadikan tempat pendidikan dini tehadap pelajar dari tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi,” ujarnya.

Ia mengharapkan, kehadiran penyu di sepanjang pantai Pasir Jambak dapat memberikan kontribusi positif bagi tumbuh kembangnya pariwisata yang terus dikumandangkan oleh Pemko Padang. “PT. Astra Daihatsu Motor selalu siap demi kemajuan pariwisata di Sumbar,” ungkapnya.

Dalam peresmian konservasi penyu itu dihadiri langsung oleh Amelia Tjandra Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor, Area Manager wilayah Sumatera Tunjung Pramusinto , Chief Engineering of Daihatsu Motor Company Limited Eiji Fujibayashi, Team Astra Daihatsu Sumbar serta Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dan para tamu undangan lainnya.

Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra mengatakan, Daihatsu sebagai sahabat peduli lingkungan hidup terus memberikan kontribusi bagi pelestarian alam, dan diharapkan bantuan yang diberikan PT. Astra Daihatsu Motor dapat menumbuh kembangkan kecintaan masyarakat dalam menyelematkan ekosistem laut  dan pelestarian penyu yang kondisinya telah semakin langka.

Sebelumnya, Daihatsu sudah bekerja sama dengan Pelestari Penyu Kurma Asih Perancak Bali, kemudian bersama pihak Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, kelompok Penangkaran Biota Laut Batu Hiu, Pangandaran, lalu di Pulau Sangalaki, Kepulauan Derawan bersama BKSDA Provinsi Kalimantan Timur.

Pati Hariyose selaku pengelola penangkaran Pokmaswas Samudra di Pasir Jambak, cukup terharu akan bantuan yang di berikan oleh PT. Astra Daihatsu Motor ini. Bantuan oleh PT. Astra Daihatsu merupakan bukti nyata Astra Daihatsu turut serta dalam kepeduliannya dalam pengembangan dan pelestarian penyu sebagai salah satu bentuk pelestarian biota laut.

Jual Vespa Untuk Menyelamatkan  Penyu

Tak banyak anak muda seperti Pati Hariyose yang mengiklaskan tenaga dan pikirannya untuk menyelamatkan spesies penyu yang keberadaannya semakin langka karena rusaknya alam dan perburuan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Ide membuat konservasi penyu di pantai Pasir Jambak berawal dari kekecewaan Pati Hariyose melihat banyaknya perburuan liar terhadap telur penyu serta, bangkai-bangkai penyu yang mati akibat di bunuh oleh pemburu. Terkadang untuk mendapatkan telur penyu untuk ditetaskan, pria yang akrab dipanggil Yose tersebut harus membeli telur-telur tersebut kepada nelayan dan menetaskan ditempat yang aman hingga menjadi tukik.

“2003 Saya telah memulai melakukan konservasi penyu dengan cara mengumpulkan telur penyu di sepanjang Pantai Pasir Jambak , dan membeli telur-telur tersebut  untuk disimpan di tempat yang aman,” ucapnya kepada Rakyat Sumbar.

Begitu banyak suka duka dialami oleh Yose untuk menghidupkan penangkaran Pokmaswas Samudra di Pasir Jambak ini.  Banyak yang mencemooh apa yang dilakukannya tersebut. Bahkan ia terpaksa merelakan enam Vespa kesayangannya untuk dijual demi menghidupi penangkaran penyu tersebut.

“ Vespa terpaksa saya jual karena telah putus asa mencari bantuan dengan mengajukan proposal membantu pengelolaan tukik-tukik.  Ada pihak bersimpati dan memberikan bantuan, seperti klub otomotif.  Tetapi, banyak juga pihak dan instansi hanya memberikan janji-janji saja tanpa ada realisanya” , ucapnya.

Bantuan berupa bangunan permanent untuk konservasi penyu oleh PT. Astra Daihatsu Motor menjawab kegundahan yang telah lama dirasakan Pati Hariyose.  “ Saya menyampaikan terimakasih tak terhingga atas kepdulian PT. Astra Daihatsu Motor  yang telah membangunnya tempat konservasi penyu dengan fasilitas mewah dan permanent seperti saat ini,” pungkasnya (cr3)

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.