Anggota DPR Panen Ikan Bersama Masyarakat

Tanah Datar, Rakyat Sumbar – Anggota DPR dari dapil Sumatera Barat I Hermanto mengisi masa reses dengan mengadakan rangkaian kunjungan bertemu dengan berbagai elemen masyarakat. Salahsatunya ikut serta dalam kegiatan panen raya ikan lele bersama masyarakat di Nagari Tapi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Jumat (23/2).

“Panen raya ikan lele penerima bantuan dari Pusat di Nagari Tapi Selo ini patut diapresiasi karena merupakan cermin kemampuan masyarakat mengelola bantuan”, ujarnya.

Dua Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) di nagari ini menerima bantuan bibit lele berikut pakannya dari Pemerintah pusat. Dua Pokdakan tersebut adalah Tunas Harapan dan Sejahtera Bersama.  Satu orang anggota Pokdakan menerima bibit ikan lele bantuan sebanyak 5 kg.  Setelah dipelihara selama 3 bulan, berhasil dipanen sekitar 50 kg ikan lele.

“Keberhasilan pokdakan dalam memanen ikan tersebut diharapkan berdampak pada eksternalitas skala mini di daerah sekitar dalam bentuk usaha lele asap, selai lele, pecel lele, keripik dan kerupuk lele”, papar Hermanto yang juga merupakan Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PKS ini.

Kegiatan panen raya ini dihadiri oleh 6 Kepala Jorong di Kanagarian Tapi selo dan tokoh masyarakat lainnya. Masyarakat mengungkapkan, bantuan bibit dan pakan ini telah meningkatkan penghasilan. Mereka juga berharap bantuan jenis lain dialokasikan juga di nagari ini dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.  Pada kesempatan tersebut masyarakat menyampaikan aspirasinya berupa bantuan alat dan mesin pertanian, perbaikan irigasi serta jalan tembus ke Batusangkar sekitar 17 km.

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.