Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat adakan lomba ayam kukuak balenggek

Padang, Rakyat Sumbar– Sebanyak 116 peserta mengikuti lomba “Ayam Kukuak Balenggek 2018” yang diadakan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat yang bertempat dihalaman kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat. Acara yang berlangsung selama satu hari ini bertujuan untuk merayakan Hari Pers Nasional 2018 yang bertempat di Kota Padang. Lomba kokok ayam bertingkat ini dibagi akan tiga kategori. Katagori boko (kokok lima tingkatan) landik (kokok tiga tingkatan), serta katagori istimewa (keunikan dari kokokan ayam) dengan memperebutkan total hadiah 25 juta.

Drh. Erinaldi, MM selaku Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat saat ditemui Harian Rakyat Sumbar menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagi upaya untuk melestarikan dan mengembangkan ayam Kukuak  Balenggek sebagai ayam khas dari Provinsi Sumatera Barat. Diharapkan ayam kukuak balenggek ini dapat menjadi tuan rumah di Sumatera Barat sehingga para peternak ayam ini meningkat kehidupan ekonominya,” ucapnya saat di temui Harian Rakyat Sumbart disela-sela lomba Ayam Kukuak Belenggek 2018(7/2).

Kepala Biro Perekonomian Setdprov Sumbar Heri Nofiardi terlihat hadir dan penuh antusias mengikuti lomba Ayam kukuak Belenggek 2018. Beliau hadir dengan mengikut sertakan seekor ayam jantan Kukuak Balenggek Heri Nofiardi berharap lomba ini menjadi agenda penting bagi dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat.

“Lomba ini harus menjadi agenda penting dan terus diperlombakan setiap saat. Bagi saya sebagai pecinta ayam kukuak balenggek, dengan seringnya lomba yang diadakan maka akan merangsang pemgembangan ayam asli Solok ini. Jika ayam jenis ayam ini menjadi poluper di belahan dunia, niscaya perekonomian para pembudidaya ayam kukuak balenggek akan terangkat dan keberadaan jenis ayam ini dapat terus dapat dilestarikan dan jauh dari kata punah,” ucapnya disela-sela lomba.

Sepintas Ayam Kukuak Balenggek bentuknya hampir sama dengan ayam lokal biasa. Tapi jika diperhatikan lebih seksama maka terlihat bahwa bentuk tubuhnya lebih bagus. Selain itu ciri khasnya adalah suara kokoknya yang merdu dan balenggek (bertingkat). Lenggek (tingkat) kokok ayam ini berkisar dari 6 sampai 15 tingkatan.

Ayam kukuak Balenggek merupakan jenis ayam asli yang potensial dikembangkan sebagai ayam unggulan Ranah Minang karena memiliki karakteristik suara kokok yang khas dan performans tubuh yang menarik. Keunikan ayam ini telah menjadi perhatian banyak penggemar ayam hias (fancy fowl).

Ketua panitia lomba Ayam Kukuak Balenggek 2018 Afrizal Arman, SPt., MP yang juga merupakan Kepala Bidang Bina Usaha dan Kelembagaan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat menyatakan bahwa lomba ini bertujuan untuk merangsang pengembangan ayam asli Sumatera Barat ini.

“Lomba ini bertujuan sebagai bentuk pelestarian dan pengembangan populasi dari plasma nutfah (ayam kukuak balengek), dan berharap kokokan dari ayam kukuak balenggek terkenal di dunia dan bisa meningkatkan perekonomian dan kunjungan wisatawan untuk menikmati kokokan dari ayam kukuak balenggek ini. Selain itu lomba ayam kukuak balenggek ini akan dijadikan agenda rutin dari livestock exspo Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat yang diadakan secara bergilir di kabupaten kota di Sumbar. Pada tahun 2018 ini akan diadakan di Kabupaten Pesisir Selatan pada September 2018,” ucapnya.

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.