Presiden IMA Chapter Padang  Hadiri Upacara Peringatan Peristiwa Situjuah Batur

Padang,Rakyat Sumbar – Presiden IMA Chapter Padan, Darmawi di damping oleh  Director Network dan Community IMA Chapter Padang, Jefri Kurniawan ( Cucu Kandung Chatib Sulaiman, Pahlawan Perintis Kemerdekaan ) dan Aminuddin Supriyadi, Director UMKM IMA Chapter Padang menyebutkan, Peristiwa Situjuah Batua 15 Januari 1949 adalah mata rantai Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Sumbar, yang tidak bisa dilepaskan begitu saja dari sejarah Indonesia. Dalam peristiwa ini puluhan pejuang dan rakyat badarai tewas di tangan Belanda dan  peristiwa tersebut merupakan rangkaian sejarah  yang sangat penting untuk berdirinya Negara Republik Indonesia.

Peristiwa situjuh batur merupakan salah satu peristiwa sejarah perjuangan kemerdekaan republik Indonesia pada umumnya dan minangkabau(Sumatra Barat) pada kususnya. Yang terjadi pada masa agresi militer belanda II. dimana telah terjadi penyerangan oleh pasukan penjajah Belanda disaat rapat para Pejuang Kemerdekaan Indonesia.” kata Presiden IMA Chapter Padang,Darmawi ketika menghadiri acara peringatan  Peristiwa Situjuah Batur yang ke-69 di Lapangan Khatib Sulaiman Situjuh, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Menurut Presiden IMA Chapter Padang yang didampingi oleh Cucu kandung Chatib Sulaiman, Jefri Kurniawan, perisitwa situjuah ini sangat berharga dan merupakan milik Sumatera Barat. “Seharusnya kita bangga menjadi rakyat dari para pejuang pemerintahan Indonesia, karena peristiwa ini memiliki makna yang sangat penting serta dapat menjadi inspirasi dan spirit bagi kesadaran kolektif oleh anak bangsa atas nilai-nilai kejuangan, dalam hidup berbangsa dan bernegara, ” katanya.

Upacara peringatan juga dihadiri Bupati Lima Puluh Kota, Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota dan Muspida serta Forkopimda Kabupaten Lima Puluh Kota, dan juga dihadiri oleh para veteran sang pejuang peristiwa situjuah ,ahli waris pejuang peristiwa situjuah serta ahli waris Chatib Sulaiman  dan acara dimulai pada pukul 09.30 WIB, berlangsung sangat khidmat dan tenang.  Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Ziarah ke Makam Pahlawan Peristiwa Situjuah.

Salah Satu Ahli Waris pejuang Peristiwa Situjuah Batur, Jefri Kurniawan, Kepala Cabang Astra Daihatsu Padang, Director IMA Chapter padang sangat mengharapkan perjuangan para pahlawan situjuah Batur, salah satunya Chatib Sulaiman yang merupakan kakek kandung saya  dan saya menghimbau generasi muda  untuk mempelajari dan menghayati  kepahlawan para pejuang kita yang di situjuah batur,  Saya sebagai  salah satu ahli waris  tidak hanya sampai di sini, bagaimana kita meneruskan perjuangannya ini dan bagaimana para pejuang situjuah batur menjadi pahlawan nasional dan ini butuh dukungan semua pihak,” kata Jefri Kurniawan kepada Harian Umum Rakyat sumbar.

Jefri Kurniawan selaku Cucu Kandung Pejuang Situjuah Batur menambahkan  bila ada alasan, kenapa Sumatera Barat harus dikenang sepanjang massa, salah satu jawaban adalah Chatib Soelaiman. Mantan Ketua MPRD Sumbar yang gugur dalam Peristiwa Situjuh 15 Januari 1949 ini, memang seorang pahlawan sempurna.  Ulama legendaris ranah Minang Haji Abdul Malik Karim Amarullah alias Buya Hamka, dalam kenangannya dengan gamblang mengatakan, perjuangan di Sumbar tidaklah dapat memisahkan nama Chatib Soelaiman, baik di zaman Belanda ataupun pendudukan Jepang, apalagi di zaman sesudah proklamasi.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.