Yayasan Minangkabau World Gelar Rakernas  Dan Pengukuhan Pengurus Siap Jangkai Dunia dengan ABS- SBK

Di dalam masyarakat adat Minangkabau, tatanan yang sangat besar dipegang dalam berkehidupan, dipakai sebuah tatanan yang sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat adat Minang, Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (Adat Bersandar Syariat (aturan), Syariat bersandar pada Kitab Allah SWT).

Yayasan Minangkabau World Foundation ( MWF)  Gelar Rapat Kerja Nasional ( Rakernas) sekaligus pelantikan Pengurus   Minangkabau World Foundation  pada tanggal 15 – 16 Desember 2017, Untuk Rakernas akan di gelar di Pangeran beach Hotel dan Pelantikan atau Pengukuhan Dewan Pembina, Pengawas dan Pengurus Minangkabau World Foundation  di Auditorium Gubernuran Sumbar dan langsung di kukuhkan Oleh Gubernur Sumatera Barat.

Ketua umum Minangkabau World Foundation (MWF), Revri Aroes, Urang Awak yang di percaya saat ini menjadi kepala dinas perhubungan di Banten dan sengaja langsung  datang ke padang untuk mengikuti Rakernas Dewan Pembina, Pengawas dan pengurus Minangkabau World Foundation yang di gelar di Daima Pangeran Beach Hotel, Jumat, (15/12/2017)

Revri Aroes mengatakan  latar belakang lahirnya Minangkabau World atau Minangkabau mendunia dalam pengertian budaya dan adat, adalah menuju Masyarakat Minang yang memilik daya saing sesuai dengan  falsafah yang telah dikenal Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah”, Adat memakai syara mangato serta Program-program pendidikan dan sosial kemanusiaan didahulukan selangkah.

Perubahan jaman terutama banyak terjadi pada berbagai macam program kerja dan pemberdayaan masyarakat, namun tuntutan untuk bisa merasakan perubahan, tetap harus menjunjung tinggi Tatanan Adat dan Agama, agar pemberdayaan kepada masyarakat secara langsung dapat dirasakan, walaupun dalam skala Internasional.

Sebagai salah satu masyarakat adat Indonesia, Suku Minangkabau adalah salah satu suku yang cukup banyak melakukan perantauan keluar dari wilayah mereka, dan pastinya akan terbentuk sebuah kumpulan atau organisasi diantara sesamanya. Dan tujuan utama adalah untuk melakukan dan saling memberikan kontribusi kepada Masyarakat Minangkabau yang lebih baik lagi.

Demikian pula yang akan dilakukan oleh Yayasan Minangkabau World yang dibentuk sebagai bagian dari perubahan dalam menyikapi kemajuan jaman, terutama dalam melakukan kegiatan hingga ke dunia Internasional.

Kemudian dari itu Revri Aroes menyampaikan dan mengajak  kepada panitia pelaksana Rakernas dan Pengukuhan yang diketui oleh Aminuddin Supriyadi yang lebih dikenal dengan Amin Prabu Owner KS 66 beserta dengan Wakil Ketua, Firdaus Ilyas , Prof Willy dan H.Erizal Nurdin ” mari Kita sukseskan Rakernas dan pengukuhan Pengurus Minangkabau World Foundation ini dan dalam waktu dekat korda korda di masing masing daerah  akan kita umumkan dan kita ikutkan dalam pengkuhan nanti.

Sekretaris Jenderal Yayasan Minangkabau World, Tundra Meliala Sutan Diateh, dari semua lapisan masyarakat yang berasal dari suku Minang pastinya merasakan dan menginginkan adanya perubahan, walaupun demikian, setiap perubahan yang terjadi dalam perkembangan jaman. Baik kehidupan berkeluarga, beragama demi kesejahteraan bersama masyarakat Minang, tentulah harus disikapi.

Yayasan Minagkabau World bukanlah hanya sekedar untuk gagah-gagahan, namun sebagai masyarakat yang memiliki keberanian, saat ini sudah banyak yang memiliki jangkauan baik dalam hal kehidupan, berbisnis hingga persoalan keagamaan juga telah mencapai negara-negara lain. Maka dibentuknya yayasan ini untuk bisa lebih menumbuhkan gairah bagi masyarakat Adat Minangkabau menuju dunia internasional.

“Inilah alasan utama kemunculan Yayasan Minangkabau World. Sebagaimana namanya, tentu kami berharap Orang Minang bisa mendunia dengan kemampuan yang sangat baik pula,” kata Tundra Meliala Sutan Diateh

Sebagaimana visi dari Yayasan Minangkabau World yang menaunginya yaitu “Menuju  Masyarakat Minang Yang Berdaya Saing Berdasarkan ABS- SBK”, tentunya kata Tundra, hal itu harus direalisasikan dan tak sekadar diucapkan, “tak hanya saya, tak hanya Yayasan Minangkabau World, namun tugas kita semua untuk bisa merealisasikannya,” ujarnya menambahkan jika tidaklah mudah melakukannya namun kekuatan dan niat harus diutamakan.

Misi yang diemban oleh Yayasan dibagi dalam lima tahap, yang diliputi dari keinginan untuk bisa menjadi wadah bagi semua masyarakat Minangkabau, baik yang dirantau maupun mereka yang masih berada di tanah Minang.

Yayasan Minangkabau World kata dia, juga akan aktif membina dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak/organisasi/lembaga lain yang memiliki visi dan misi yang sama dan tentunya sejalan dengan Yayasan Minangkabau World, baik yang ada di dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri. “Asal sama, sejalan dan sebangun dengan Yayasan Minangkabau World, pasti kita gandeng,” tuturnya pula.

Misi lainnya kata Tundra Meliala adalah akan mendukung dan melaksanakan berbagai program dan aktifitas pendikan, pengkajian dan pengembangan budaya Minang, Dakwah agama Islam dan mengawal pelasanaan pariwisata yang halal.

Ketua Panitia Pelaksana, Aminuddin Supriyadi  menga­takan  Yayasan Minangkabau World merupakan Wadah bagi semua Masyakat Minangkabau yg peduli kepada kemajuan Masyarakat di kampung maupun di Rantau serta Memperkokoh karakter Generasi Muda Minang dalam pendidikan Agama,Sosial,Budaya dan Ekonomi berbasis ABS-SBK dan Yayasan Minangkabau World telah memiliki badan hukum  SK Menkumham RI No, AHU.0015725.AH.01.04 Th 2017. pada 20 Oktober 2017 lalu dan akan berupaya untuk mencari dan menghimpun dana dari berbagai sumber secara benar.

Apalagi menurut Amin Prabu tantangan zaman yang tidak ringan turut menjadi kendala dalam pembenahan masyarakat Minang secara menyeluruh. Keinginan kuat dan niat yang tulus dari semua elemen masyarakat Minang di manapun berada, sudah pasti menjadi patokan dasar untuk membawa masyarakat Minangkabau tinggal landas.

“ Pengurus serta dewan Pembina dan pengawas Akan di kukuhkan pada tanggal 16 Desember 2017 di Auditorium Gubernuran Sumbar dan  disak­sikan oleh banyak orang,” katanya

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.